Sabtu, 14 Desember 2013

Cara Tepat Merawat Kutikula Kuku

Menghilangkan Kutikula

Kutikula sangat berfungsi melindungi kuku serta menjadi tameng terhadap bakteri yang mungkin masuk melalui bawah kuku dan merusak sel-sel hidup yang berada tepat di bawah kuku.

Perawatan kutikula dengan baik dan benar sangat bermanfaat bagi kesehatan kuku. Oleskan kutikula dan kuku dengan minyak perawatan kutikula, minyak ikan atau minyak kenari sangat menyehatkan dan mengstimulasi pertumbuhan. Beri perawatan khusus pada bagian bulan sabit putih di pangkal kuku.

JIka diabaikan dan menjadi kering serta diperlakukan denga kasar, kutikula dapat menimbulkan rasa perih. Jika kutikula didorong terlalu kasar, dapat terjadi kerusakan pada sel baru yang ada dibawahnya, dan begitu pula dengan pertumbuhan kuku selanjutnya. Saat terbaik untuk mendorong kutikula yang kering dan sobek yaitu sesudah mandi, ketika kutikula melunak ketika terkena air hangat.

Jangan pernah menggunting kutikula dengan gunting kuku atau menggigitnya karena akan berkembang menjadi sobekan tepi kuku. Gunakan gunting kecil khusus untuk melepaskan kutikula. Usahakan kan kutikula sedapat mungkin tetap utuh dan tidak rusak. Tidak aka nada resiko terkena infeksi jika kita mensterilkan gunting kuku untuk merapikan kutikula.

JIka kutikula keras, kering dan mencuat keluar, rapikan sedikit, tetapi jangan pernah melepaskan semuanya. Kendalikan pertumbuhan kutikula yang kuat dengan cairan atau krim pelembut kutikula. Oleskan sedikit di atas kutikula pada setiap kuku dan pijat secara perlahan kea rah dalam bagian bawah setiap kuku dengan jari kita untuk memastikan pelembut kutikula meresap dengan baik. Biarkan meresap selama tiga menit, atau ikuti petunjuk pemakaian. Lalu hati-hati dorong kutikula dengan menggunakan batang kapas (cotton bud) atau pendorong kutikula yang terbuat dari kayu jeruk atau dikenal juga dengan nama orange stick atau pendorong kutikula dengan ujug karet.
Hapus sisa-sisa pelembut kutikula dengan menggunakan kertas pembersih. Ingatlah selalu untuk membilas kuku dalam air hangat demi memastikan benar-benar bersih sesudah melakukan perawatan.



0 komentar:

Posting Komentar